Motivasi mengikuti diklat online IT

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan adalah pengembangan keprofesian guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan bertahap dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan berdasarkan Permennegpan dan Reformasi Birokrasi nomor 16 Tahun 2009, merupakan salah satu komponen pada unsur utama yang kegiatannya diberikan angka kredit PKB dan tindak lanjut dari Penilaian Kinerja Guru (PKG). Perkembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sosial dan  profesional. Unsur kegiatan PKB ada 3 yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Pengembangan diri adalah mengikuti diklat fungsional dan kegiaatan kolektif guru seperti Kelompok Kerja Guru (KKG). Karya inovatif adalah menemukan teknologi tepat guna, menciptakan karyaseni, membuat alat peraga, dalan lain-lain. pendidikan tergantung seorang guru. Jadi guru harus mau meningkatkan kualitas atau kompetensinya.  Sesuai dengan Permendiknas nomor 16 tahun 2007, bahwa guru harus mempunyai empat kompetensi, yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.  Di dalam diklat online Guru Melek IT ini sangat cocok bagi guru untuk mengembangkan kompetensinya yang disesuaikan dengan kemajuan teknologi sekarang ini.

Sebagai seorang guru harus mempunyai kemauan untuk menambah ilmu pengetahuan, tidak hanya dari sekolah atau pendidikan formal tetapi juga dengan mengikuti diklat. Dalam Diklat Online Guru Melek IT ini guru diharapkan dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu dalam pembelajaran. Dengan mengikuti diklat Online ini guru bisa berkreasi membuat bahan ajar yang bisa menarik siswa. Dengan kompetensi guru yang bertambah dalam membuat bahan ajar yang menarik diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia yang sekarang ini sudah terpuruk.

Di dalam Diklat Online Guru Melek IT ini pengembangan diri dan karya inovatif ada di dalamnya. Nilai lebih di dalam Diklat Guru Melek IT ini guru lebih bisa mengembangkan dirinya daripada diklat biasa, jika diklat biasa peserta hanya datang, duduk, dan mendengarkan setiap season. Tetapi di Diklat Melek IT ini peserta mengikuti materi dengan inisiatif sendiri dan bersungguh-sungguh. Kalau biasanya pada diklat biasa tidak mengerjakan tugas-tugas, di diklat online ini keterampilan dan kemampuan diasah untuk meningkat lagi, tetapi tidak membosankan karena peserta mempelajari hal yang baru.

Dengan mengikuti Diklat Online Melek IT ini selain bisa menambah pengetahuan, ketarampilan, teman yang pastinya mengharapkan sertifikat untuk memenuhi persyaratan pada Pengajuan Angka Kredit (PAK) seorang guru karena sekarang dalam setiap PAK harus ada nilai 3 dalam pengambangan diri. Pada diklat biasa jadwal tidak menentu kapan akan diadakan, tetapi diklat online ini hampir setiap bulan ada.

Semoga dengan mengikuti Diklat Online Melek IT ini bisa memperoleh pengetahuan, ketarampilan, dan teman yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan Indonesia mendatang, juga tidak lupa dapat sertifikatnya. Semoga, amin.

Komentar